Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Jus Belimbing yang Perlu Kamu Tahu

Manfaat Jus Belimbing - Belimbing merupakan salah satu jenis buah dengan kandungan vitamin lengkap dan nutrisi yang baik. Tidak heran banyak orang mengonsumsi buah ini secara langsung ataupun mengolahnya menjadi manisan hingga jus. Buah berwarna kuning kehijauan ini memang memiliki rasa yang asam dan hanya tumbuh di negara dengan iklim tropis. Namun, tahukah kamu bahwa jus belimbing memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Manfaat jus belimbing ini bahkan cukup banyak untuk kesehatan.

Manfaat Jus Belimbing  yang Perlu Kamu Tahu

Buah belimbing selain rasanya enak memiliki manfaat banyak untuk kesehatan tubuh kita, salah satunya untuk memperlancar pencernaan. Buah belimbing terasa lebih nikmat sekali bila kita olah mnjadi minuman jus dan dicampur rasa lain seperti manisan, rasanya nikmat dan lembut sob.

Sebagian orang tidak tau manfaat buah belimbing untuk kesehatan, belimbing yang tidak terlalu mateng rasanya asem, namun bila sobat jadikan buah belimbing menjadi jus rasanya akan lebih nikmat dan mengandung manfaat kesehatan untuk tubuh kita.

Berikut ini manfaat jus belimbing yang perlu kamu tahu


1.Membantu pencernaan


Manfaat mendasar dari jus buah belimbing ialah untuk membantu pencernaan. Seperti yang diketahui, buah ini memiliki serat yang tinggi. Kandungan serat ini dipercaya mampu menyerap dan mencegah berkembangnya kolesterol jahat yang ada dalam usus. Selain itu, kandungan serat belimbing juga membantu kamu dalam melindungi selaput dalam usus dari zat beracun dan bahan kimia. Jadi jika kamu sering mengalami sembelit atau kurang lancar BAB, bisa mulai meminum jus belimbing secara rutin agar pencernaan normal kembali.

Adanya zat pectin yang ada di buah belimbung juga bisa membantu mengurangi kolesterol di darah. Zat ini akan mengikat kolesterol dan akan mengeluarkan asam empedu sehingga kadar kolesterol bisa turun.

2.Sebagai antioksidan


Jus belimbing dipercaya bermanfaat untuk antioksidan. Pasalnya dalam buah ini terdapat kandungan flavonoid, poliferol hingga asam galat yang dipercaya sebagai antioksidan tinggi. Kandungan zat – zat tersebut akan membantu kamu dalam melindungi tubuh dari radikal bebas. Dengan rutin mengonsumsi jus belimbing, racun dalam tubuh akan ikut keluar dalam pencernaan.


3.Mencegah kanker


Dalam sebuah penelitian, buah belimbing ternyata dapat membantu mencegah penyakit kanker. Kandungan flavonoid polifenol dalam buah belimbing dapat melawan efek mutagenik akibat radikal bebas dan membuang racun-racun tersebut dari tubuh sehingga dapat menghindari kanker atau penyakit berbahaya lainnya. Selain itu, buah belimbing juga memiliki vitamin C yang cukup banyak. Kamu yang rajin mengonsumi jus belimbing akan memiliki kekebalan tubuh yang baik terhadapt zat asing.

4.Menyehatkan jantung


Buah belimbing mengandung zat natrium dan kalium yang cukup tinggi. Faktanya zat ini bermanfaat untuk mengganti elektrolit dalam tubuh. Dengan mengonsumsi jus belimbing secara rutin dapat membantu mengontrol tekanan darah dan detak jantung, membersihkan pembuluh darah serta  melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Alhasil, jantung kamu bisa lebih sehat.


5.Mengatasi tekanan darah tinggi


Seperti yang dijelaskan dalam poin sebelumnya, buah belimbing memiliki kandungan mineral dan elektrolit yang tinggi. Komponen ini mampu mengendalikan denyut dari jantung dan mengendalikan tekanan darah. Jadi untuk para penderita Hipertensi, rajin mengonsumsi jus belimbing sangatlah bermanfaat.

6.Memperlancar ASI


Jus belimbing ternyata bermanfaat untuk para ibu hamil. Pasalnya selain daun katuk, belimbing ternyata juga berkhasiat untuk merangsang produksi ASI pada ibu muda. Kandungan nutrisi dalam belimbing dipercaya sangat ampuh untuk melancurkan kelenjar susu yang tersumbat dan memaksimalkan produktivitas ASI.

7.Menurunkan berat badan


Belimbing merupakan buah yang minim kalori namun kaya serat. Tidak heran, buah ini sering digunakan dalam berbagai program diet atau penurunan berat badan. Dengan meminum jus belimbing secara rutin bisa memaksimalkan sistem metabolism sehingga dapat mempercepat penurunan berat badan.

8.Mencegah penuaan dini


Manfaat jus belimbing ternyata baik juga untuk kesehatan kulit. Pasalnya buah belimbing mengandung banyak vitamin C yang mencegah penuaan dini dan membuat kulit lebih halus.

Ternyata buah belimbing memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita, salah satunya seperti delapan manfaat yang telah kita bahas diatas sob, jadi kita tak perlu ragu untuk mengkonsumsi buah belimbing untuk kesehatan tubuh kita. Oke mungkin hanya itu saja sedikit ulasan tentang manfaat buah belimbing untuk kesehatan tubuh.

Posting Komentar untuk "Manfaat Jus Belimbing yang Perlu Kamu Tahu"