Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 17 Manfaat Kandungan Kol Bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan kol Bagi Kesehatan Tubuh - Taukah anda kol atau bisa disebut kubis ternyata mengandung banyak vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh kita kol berasal dari wilayah eropa dan tersebar dipenjuru dunia dan salah satunya ke Indonesia , begitu banyak jenis kol sekitar empat ratus jenis yang tersebar hanya jenis varietas yang banyak di budidayakan diseluruh dunia dan juga termasuk di Indonesia.


Kandungan yang terdapat pada kol sagat lah begitu banyak dari vitamin C, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin B6, vitamin K, protein, folat, mangan, kalsium, zat besi, serat, dan banyak kandungan yangl lainnya.

Kol yang sering kita jadikan sebagai bahan makanan yang begitu terkenal di Indonesia seperti dibuat makanan  tumis kol, bakwan, sanghai, nasi goreng mie rebus,bakmi goreng, bakmi rebus dan masih banyak yang lainya kol juga sering di jadikan lalapan, tidak hanya di masak taukah kalian ternyata kol memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh kita, apa saja itu! Mari kita bahas.

Manfaat kol untuk kesehatan tubuh


1 .Kesehatan jantung

Antioksidan yang terdapat pada kol dapat mampu menekan peradangan yang dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung, cara kerjanya dengan mencegah penupukan platelet dan juga mengurangi tekanan darah dan kol mengandung serat larut air yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. Jadi kol bermanfaat sekali untuk kesehatan jantung kita, yang baik kita konsumsi.

2 .Meredakan peradangan

Selain kol sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan jantung ternyata kol mampu meredakan peradangan. Kol yang begitu banyak mengandung antioksidan mampu dapat membantu meredakan peradangan baik itu bersifat akut ataupun kronis.

3 . Kekebalan tubuh

Kandungan vitamin dan juga mineral yang terdapat pada kol mampu untuk di gunakan sebagai sistim kekebalan tubuh yang mudah terserap oleh tubuh dengan bantuan bakteri baik.

4 .Mencegah kanker

Senyawa antikanker atau sulforaphane pada sayur kol dapat menurunkan resiko kanker, bisa menghambat enzim berbahanya yang membuat sel kanker berkembang.

5 .Baik untuk janin

Asam folat yang terdapat pada sayur kol berguna kuntuk ibu yang sedang hamil karena asam folat  dapat membantu kebutuhan gizi untuk si janin.

6 .Melancarkan BAB

Bagi anda yang sush untuk mengatasi masalah BAB mungkin dengan cara mengkonsumsi kol bisa menyelesaikan masalah anda kareana kandungan serat sayuran berguna untuk melancarkan BAB anda.


7 .Mengatasi sakit kepala

Mengunakan daun kol dapat meredakan sakit kepala dengan cara di hancurkan lalu ditempelkan kedahi atau juga di kompres mengunakan daun kol.


8 .Kesehatan tulang

Kol dan sayuran lainnya yang mengandung mineral seperti kalsium juga magnesium dikenal dengan kemampuan untuk menjaga tulang manusia.

9 .Anti inflamasi

Dengan mengkonsumsi kol yang mengandung zat anti-inflamasi yang dapat mencegah berbagai penyakit seperti nyeri sendi, demam, iritasi, elergi, penyakit kulit dan peradangan.

10 .Baik untuk mata

Beta-karoten yang terdapat pada kol sangat berguna bagi para lansia karena memiliki kemampuan mencegah degenerasi macula.

11 .Baik untuk otak

Kol yng mengandung vitamin K yang sangat baik untuk otak dan juga bisa mambantu kinerja otak bukan itu saja  kandungan yang terdapat pada kol dapat mencegah dari penyakit Alzheimer.

12 .Detoksifikasi tubuh

Kandungan yang begitu banyak vitamin C bisa mengangkat racun juga menghilangkan racun radikal bebes yang sumber dari berbagai penyakit.

13 .Menurunkan berat badan

Kol memiliki lemak yang sedikit bakan tidak ada samasekali oleh karena itu kol sangat baik untuk hidup sehat juga sebagai bahan untuk diet sehat.

14 .Mengonterol tekanan darah tinggi

Kalium memang sudah dikenal sebagai senyawa baik mengurangi gejala hipertensi. Kita yang sering memakan kol ternaya bisa mengontrol tekanan darah tinggi dan juga sekalian mampu mencegah darah tingggi.

15 .Mengandung vitamin C

Taukah anda bukan cuma buah-buahan seperti jeruk apel dan lainnya yang memiliki kandungan vitamin C yang banyak tetapi kol juga memiliki kandungan vitamin C yang tidak kalah banyak dari buah-buahn tersebut.


16 .Sehat untuk pencernaan

Kol memiliki serat yang banyak jadi baik buat percernaan kandungan kol akan membantu menyehatkan percernaan.


17 . Manfat kandungan kol yang lainnya

Salah satu kandungan kol di perediksi mampu melindungi tubuh dari berbagai efek samping terapi radiasi.manun itu semua lagi dalam masa penelitian lebih lanjut supanya membuktikan klim manfaat kol.

Nah itu lah berbagai manfaat dari kol yang sering kita konsumsi, mungkin sebagian orang  baru paham dan mengerti dari manfaatnya mengkonsumsi sayur-sayuran terutama kol, jadi bagi anda yang tidak meyukai sayur kol kurasa akan rugi  karena kandungan yang terdapat pada kol sangat lah baik bagi tubuh anda dan terutama bagi ibu yang susah memberi si anak  makan sayur buatlah bebrbagi kerasi menarik agar si anak tertarik untuk memakannya ,mungkin sampi di siniaja semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Inilah 17 Manfaat Kandungan Kol Bagi Kesehatan Tubuh"