Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Wajah Agar Terhindar Dari Jerawat Dan Komedo

Memiliki wajah yang bersih dari jerawat dan komedo memang menjadi dambaan banyak orang khususnya para muda – mudi. Sayangnya, tidak semua wajah memiliki kondisi kulit yang sehat. Alhasil, jerawat dan komedo sering muncul dan membuat seseorang merasa kurang percaya diri dalam beraktivitas. Tidak heran, banyak orang melakukan segala upaya, termasuk merawat wajah untuk menghilangkan jerawat dan komedo di kulit wajah agar tampak lebih mulus dan cerah.

cara merawat wajah agar terhindar dari jerawat

Jerawat dan komedo yang muncul di wajah dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Faktor yang umum ialah adanya infeksi bakteri dari debu dan kotoran yang menempel di kulit wajah. Tidak hanya itu, adanya sisa make up juga mampu menyumbat pori – pori pada kulit wajah dan menimbulkan jerawat dan komedo. Selain itu, adanya ketidakseimbangan hormone tubuh juga menjadi penyebab tumbuhnya jerawat dan komedo. Maka dari itu, orang yang sedang stress atau wanita yang sedang menstruasi sering muncul jerawat di wajahnya.

Setelah Anda  mengetahui penyebab munculnya jerawat dan komedo, berikut ini cara merawat wajah agar terhindar dari jerawat dan komedo.

Merawat Wajah Agar Terhindar Dari Jerawat Dan Komedo


1.Membersihkan wajah minimal 2 kali sehari

Untuk mendapatkan wajah bersih yang terhindar dari Jerawat dan Komedo, Anda bisa rutin membersihkan wajah minimal 2 kali sehari. Ingat jerawat dan komedo muncul dari bakteri dan kotoran yang menempel di wajah yang tidak bersih. Maka, cuci wajah dengan air bersih untuk membuang semua debu dan kotoran pada wajah setelah seharian bekerja.

2.Gunakan pembersih wajah khusus 

Dalam membersihkan wajah, Anda harus menggunakan pembersih wajah khusus yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda. Hal ini penting karena setiap pembersih wjah mengandung pH yang disesuaikan dengan jenis kulit, agar pembersihan bisa maksimal. Selain itu, pembersih wajah khusus biasanya dilengkapi dengan berbagai senyawa yang mampu menjaga kelembaban alami kulit dan mencegah kulit dari kekeringan.

Anda bisa menggunakan air hangat untuk membuka pori – pori pada kulit wajah. Gunakan pembersih wajah dengan air hangat, usapkan merata ke wajah agar pembersihan kotoran dapat maksimal. Setelah itu, basuh kembali wajah Anda menggunakan air biasa agar pori – pori menutup kembali.

3.Makan makanan bergizi dan banyak minum air putih

Cara merawat wajah agar terhindar dari jerawat dan komedo berikutnya ialah dengan memakan makanan yang sehat dan kaya serat. Hindari makanan yang mengandung lemak dan gula tinggi karena dapat menimbulkan jerawat. Perbanyak makan buah dan sayur untuk memberikan nutrisi pada kulit sehingga kulit tampak lebih cerah.

Selain makan, Anda juga bisa memperbanyak minum air putih untuk merawat wajah agar terhindar dari jerawat dan komedo. Air putih yang banyak akan mengeluarkan racun dan kotoran pada tubuh sehingga jerawat tidak mudah tumbuh di wajah.

4.Menggunakan masker jeruk nipis

Jeruk nipis menjadi buah yang kaya manfaat termasuk untuk kesehatan kulit wajah. Buah ini mengandung citric, acid yang sangat baik untuk membersihkan sel kulit mati penyebab jerawat dan komedo. Anda bisa membuat masker dengan cara campurkan jus lemon atau jeruk nipis dengan air kemudian oleskan ke wajah. Biarkan selama 10 – 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

5.Gunakan produk kecantikan yang sesuai jenis kulit

Penggunaan produk kecantikan dan kosmetik pada wajah ternyata menjadi penyebab timbulnya jerawat dan komedo pada wanita. Apalagi jika kosmetik yang dipilih sembarangan dan tidak cocok dengan kulit Anda. Bukan bertambah cantik, kulit Anda bisa iritasi dan muncul banyak jerawat.
Semoga cara merawat wajah agar terhindar dari jerawat dan komeda diatas bermanfaat. Selamat mencoba.

Bagai mana tentang merawat wajah agar tidak berjerawat dan komedo, bisa sobat simpulkan dan prakterkan dirumah, selamat mencoba..

Posting Komentar untuk "Cara Merawat Wajah Agar Terhindar Dari Jerawat Dan Komedo"