Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Bawang Putih – Bawang putih adalah salah satu tanaman yang mana selalu dikenal sebagai salah satu bumbu masakan yang seakan-akan harus ada dan terus siap tersedia di dapur. Bagi sebagian orang, aroma bawang putih ini memang tidak terlalu disenangi. Hal itu karena baunya yang sangat menyengat dan akan awet menempel di badan. Saking tidak sukanya dengan aroma bawang putih, tanaman ini bahkan dipercaya oleh sebagian masyarakat menjadi salah satu tanaman yang bisa digunakan untuk mengusir makhluk halus.

bawang putih adalah bawang yang memiliki khasiat yang luar bisa


Dibalik keunikannya tersebut, ternyata pada sebuah tanaman bawang tersimpan beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Manfaat bawang putih ini bahkan diyakini bisa menjadi bahan terapi alami untuk kecantikan wajah dan penyembuhan berbagai macam penyakit. Pengin tahu apa saja manfaat bawang putih yang begitu besar ini? Simak ulasan kami selengkapnya.

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan dan Kecantikan


1. Mengurangi Resiko Diabetes

Salah satu khasiat ampuh dari bawang putih yang banyak mengandung allicin ini adalah pengaruhnya yang besar pada kadar glukosa dan  trigliserida. Jika kita mengkonsumsi bawang putih maka zat senyawa yang  bisa menjadi pemicu tingginya gula darah tersebut akan mengalami penurunan. Dengan demikian kita akan bisa terhindar dari resiko diabetes atau naiknya gula darah melebihi ambang batas normal.

2. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Bagi wanita yang jarang masuk dapur mungkin akan sedikit enggan untuk melakukan tips kali ini. Padahal bagi ibu hamil, pengkonsumsian bawang putih secara tepat dengan rutinitas yang teratur akan mencegah resiko gangguan kehamilan seperti pre-eclampsia. Selain itu kandungan berbagai macam zat gizi, nutrisi dan vitamin akan berdampak sangat baik bagi kesehatan tubuh sang ibu beserta janin yang dikansungnya. Ditambah lagi antibakteri yang terkandung didalamnya terbukti sangat ampuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan virus dan bakteri penyebab penyakit.

3. Melakukan Perangsangan Pada Sel Saraf

Manfaat bawang putih juga akan sangat terasa bagi kalian yang menderita ganggua syaraf. Senyawa saltivine yang terdapat pada setiap butir bawang putih memiliki fungsi yang sangat penting untuk merangsang sel syaraf dan membantu memperbaiki kinerja syaraf yang mengalami gangguan.

4. Mengatasi Kolesterol Tinggi

Kolesterol yang tinggi adalah salah satu pemicu timbulnya penyakit-penyakit lain yang juga tak kalah bernahaya, seperti jantung dan hypertensi. Dengan adanya senyawa allin dan allicin, bawang putih mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh kita.

5. Mencegah Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit yang paling mematikan yang bertengger di nomor urut pertama dalam daftar penyakit paling bahaya yang banyak membuat nyawa manusia melayang. Manfaat bawang putih sebagai pencegahan penyakit kanker ini dikarenakan adanya zat organosulfida yang akan sangat bermanfaat untuk membantu produksi senyawa kimia pencegah kanker dalam hati.

6. Mencegah Penuaan Dini Pada Kulit Wajah

Vitan B1 dan vitamin C adalah salah satu nutrisi yang dikenal sebagai bahan utama yang sangat bagus dalam membantu proses peremajaan kulit. Nutrisi tersebut juga bisa kalian temukan di tanaman bawang putih. Mengkonsumsi bawang putih dengan rutinitas yang intens akan mencegah penuaan dini pada kulit wajah kalian.

7. Obat Anti Ketombe

Anti bakteri dan kandungan sulfur yang tinggi pada bawang putih dapat dijadikan sebagai sarana obat tradisional yang sangat ampuh untuk mengobati rambut berketombe dan juga rasa gatal di kulit kepala. Ketombe banyak tumbuh di kulit kepala karena serangan bakteri  akibat kalian kurang menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala.

Nah, itulah tadi 7 manfaat bawang putih untuk kesehatan dan kecantikan. Jika ada yang alami, kenapa tidak kalian coba? Daripada harus mengkonsumsi obat-obatan kimi dalam jangka awaktu yang panjang, yang mana itu juga akan menyebabkan timbulnya satu resiko baru yang mengancam kesehatan.


Posting Komentar untuk "7 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan dan Kecantikan"